Melalui Indonesia Creative Economy Road Map 2010, pemerintah bersama berbagai pihak termasuk perbankan dan perguruan tinggi berhasil memetakan sektor-sektor industri kreatif yang bakal dipacau menjadi penopang utama perekonomian. Inilah 14 aktor utama yang berperan dalam industri kreatif nasional.
1. PERIKLANAN
Sebagai penyumbang terbesar ketiga bagi devisa negara, periklanan melejit sebagai salah satu industri kreatif yang pantas diperhitungkan. Kegiatan ini berkaitan dengan proses kreasi, produksi dan distribusi iklan. Misalnya, riset pasar, perencanaan komunikasi iklan, iklan luar ruang, produksi material iklan, promosi, kampanye relasi publik, tampilan iklan di media cetak dan elektronik, pemasangan poster dan gambar, penyebaran selebaran, pamflet, edaran, brosur dan reklame sejenis, distribusi dan delivery advertising materials atau samples hingga penyewaan kolom untuk iklan.
2. FILM / VIDEO DAN FOTOGRAPI
Film menjadi kekuatan baru bagi amerika melalui hollywood nya. Di india bahkan, film telah memberikan devisa besar bagi negara. Pantas jika industri ini masuk dalam jajaran industri kreatif mengingat kegiatannya meliputi proses kreatif yang terkait dengan kreasi produksi video atau film dan distribusinya. Termasuk penulisan skrip, dubbing film, sinematografi, sinetron dan eksibisi film. Jasa fotografi juga masuk dalam kategori ini.
3. MUSIK
Tahun 1980an, industri musik malaysia sempat "menghajar'" pasar nasional. Kini, indonesia pun mulai bangkit lewat ekspansi grup-grup musik ke mancanegara. Ini adalah gejala positif bagi tumbuhnya sektor ini. Tak sekedar itu, musik juga merupakan kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi atau komposisi, pertunjukan, reproduksi dan distribusi rekaman suara.
4. ARSITEKTUR
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan jasa desain bangunan, perencanaan biaya konstruksi, konservasi bangunan warisan, pengawasan konstruksi baik secara menyeluruh dari level makro (Town planning, Urban design, landscape, architecture) sampai dengan level mikro (detail konstruksi, misalnya: arsitektur taman, desain interior).
5. PASAR SENI DAN BARANG ANTIK
Sebagai negara dengan suku dan budaya terbanyak di dunia, indonesia dikenal sebagai gudang barang seni dan barang antik. Mengingat potensi yang besar ini, tak berlebihan jika sektor ini mendapat perhatian serius untuk dikembangkan.
Kegiatan kreatif ini berkaitan dengan perdagangan barang-barang asli, unik dan langka melalui lelang, galeri, toko, pasar swalayan, dan internet. Misalnya, alat musik, percetakan, kerajinan, automobile, film, senirupa dan lukisan.
6. KERAJINAN
Jepang dan negara-negara timur tengah merupakan negara kawasan yang sangan mengenal produk indonesia. Kerajinan merupakan kegiatan kreatif berkaitan dengan kreasi, produksi dan distribusi produk yang dibuat tenaga pengrajin. Meliputi, barang kerajinan batu berharga, serat alam maupun buatan, kulit, rotan, bambu, kayu, logam, kaca, porselin, kain, marmer, tanah liat dan kapur.
7. DESAIN
Kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi desain grafis, desain interior, desin produk, desin industri, konsultasi identitas perusahaan dan jasa riset pemasaran serta produksi kemasan dan jasa pengepakan. Kiprah indonesia bahkan sudah diakui di forum-forum internasional sebagai negara yang banyak melahirkan talenta muda di bidang desain.
8. FASHION
Saat ini, fashion menjadi penyumbang terbesar bagi penerimaan negara. Kegiatan kreatif fashion meliputi kreasi desain pakaian, desain alas kaki, dan desain aksesoris mode lainnya, produksi pakaian mode dan aksesorisnya, konsultansi lini produk fesyen, serta distribusi produk fesyen.
9. PERMAINAN INTERAKTIF
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi dan distribusi permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan edukasi. Subsektor permainan interaktif bukan didominasi sebagai hiburan semata-mata tetapi juga sebagai alat bantu pembelajaran atau edukasi.
10. SENI PERTUNJUKAN
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha pengembangan konten, produksi pertunjukan (pertujukan balet, tarian tradisional, tarian kontemporer, drama, musik tradisional, musik theater, opera, termasuk tur musik etnik), desain dan pembuatan busana pertunjukan, tata panggung dan tata pencahayaan.
11. PENERBITAN DAN PERCETAKAN
Dijaminnya kebebasan berkreasi untuk mengemukakan pendapat dan dihapuskannya SIUUP membuat industri ini semakin digandrungi. Kegiatan kreatif ini meliputi penulisan konten dan penerbitan buku, jurnal, koran, majalah, tabloit dan konten digital serta kegiatan kantor berita dan pencari berita.
Selain itu mencakup juga penerbitan foto-foto, grafir(engraving) dan kartu pos, formulir, poster, reproduksi, percetakan lukisan, dan barang cetakan lainnya, termasuk rekaman mikro film.
12. LAYAN KOMPUTER DAN PIRANTI LUNAK
Kegiatan kreatif yang terkait dengan pengembangan teknologi informasi termasuk jasa layanan komputer, pengolahan data, pengembangan database, pengembangan piranti lunak, integrasi sistem, desain dan analisis sistem, desain arsitektur piranti lunak, desain prasarana piranti lunak dan piranti keras, serta desain portal dan perawatannya.
13. TELEVISI DAN RADIO
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha kreasi, produksi dan pengemasan acara televisi (seperti games, kuis, reality show, infotainment dan lainnya), penyiaran, dan transmisi konten acara televisi dan radio, termasuk station relay(pemancar kembali) siaran radio dan televisi. Kreatifitas menjadi modal utama bagi industri ini. Bukan sekedar ide instan yang mengekor kreatifitas orang lain. keberadaanya menjadi jantung bagi kreatifitas itu sendiri.
14. RISET DAN PENGEMBANGAN
Kegiatan kreatif ini terkait dengan usaha inovatif yang menawarkan penemuan ilmu dan teknologi dan penerapan ilmu dan pengetahuan tersebut untuk perbaikan produk dan kreasi produk baru, proses baru, material baru, alat baru, metode baru, dan teknologi baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar, termasuk yang berkaitan dengan humaniora seperti penelitian dan pengembangan bahasa, sastra dan seni serta jasa konsultansi bisnis dan manajemen.
14 Sektor industri kreatif
Jan3,2010Blogged with the Flock Browser